Gallery

Pulanglah..!!

“When we are grow up, our parents were growing old”, sms dari si abang tadi malam, waktu aku ngasi kabar kalau besok atau lusa aku mau pulang, ngeliat mereka. Karena, hari raya kurban kemarin ga bisa pulang.

Coba hitung, berapa kali senyum indah itu mengukir di raut wajah teduh mereka yang berangsur senja? Sembilan? Sepuluh kali? Tak akan pernah sebanding dengan pengorbanan yang mereka lakukan untuk membesarkan kita selama ini. Tak akan pernah ada seorangpun yang bisa membayar jasa mereka.

Kulit yang mulai berkeriput, legam tebakar matahari. Uban yang mulai bercokol dirambut. Stamina yang tak sekuat dulu lagi.

Ada getaran yang menyusup saat mendengar ucapan hamdallah wujud kesyukuran mereka saat mendengar kabar bahagia yang kita berikan. Ada tangis dalam syukur, ada bahagia dalam ucapan.

Ingin rasanya ku tepis jarak yang tak seberapa jauh itu, untuk sujut di kaki mereka, dan mengatakan, “Terimakasih pak, karena telah megikhlaskanku untuk selalu menghabiskan uang yang bapak cari dengan peluh keringat yang ku tau itu bukanlah suatu pekerjaan yang ringan. Mulai dari jalan kaki, bersepeda, pakai motor kian kemari mencari rezeki yang halal hanya untuk kami. Terimakasih bu, karena telah mendidik kami dengan kasih sayangmu. Mengajarkan hal-hal luar biasa dengan caramu. Terimakasih pak, bu, karena telah sabar membesarkan kami..”

Maaf, jika sampai saat ini kami masih belum bisa menjadi anak kebanggan kalian. Maaf, jika hingga kini masih membebani kalian dengan tingkah kami yang masih kekanak-kanakan. Maaf, karena masih membebani pikiran kalian akan masa depan kami.

Allah, jagalah mereka saat penjagaan manusia tak sampai pada mereka. Berilah kesehatan, kebahagiaan, dan iman yang teguh di masa tua mereka. Ampunilah dosa kami dan dosa mereka, sayangilah mereka, seperti mereka menyayangi kami sewaktu kecil.

Aku tak tau, apakah yang ku lakukan sekarang sedikit telah membuat mereka bangga mempunyai anak sepertiku. Hanya bisa meniatkan sesuatu, apapun itu, hanya untuk melihat mereka bahagia.

Pulanglah..!! Bahagiakan mereka, selagi masih sempat, masih ada waktu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s