Gallery

Masa Depan Dunia Musik Indonesia

Tulisan ini asli hasil copas dari FP-nya Bang Tere Liye. Mari disimak

(saya minta maaf kalau ada yang marah2, ngamuk2; membaca tulisan ini perlu rasa humor yg baik)

Saya penggemar musik, dan pengamat musik amatiran. Maka saya pikir, setelah kepergian Chrisye, vakumnya KLA Project, Kahitna dan beberapa group band lawas, dunia musik Indonesia menghujam kehancuran, menuju kemunduran–seperti film2 nasional yang dipenuhi film hantu, pocong dan sejenisnya; ternyata tidak. Saya sungguh keliru. Ternyata selain bermunculannya gerombolan group band bernuansa melayu yang begitu memukau, energik serta amat-amat menghibur dengan lagu yang mendayu-dayu, menghentak telinga, begitu membuat merinding serta dahsyat luar biasa, ternyata kabar baik itu masih disusul dgn fenomena group penyanyi cowok dan cewek yg bagai jamur di musim penhujan, bermunculan bakat-bakat hebat.

Ini kabar baik, karena setidaknya ada 5 alasan kenapa saya bilang fenomena ini adalah tanda masa depan musik Indonesia yg begitu hebat dan cemerlang. Apa saja, here we go:

1. Mereka sangat kreatif. Saya belum pernah melihat kreatifitas seperti ini di dunia musik. Bahkan, penyanyi2 di negara korea menjiplak habis kreatifitas anak muda Indonesia yg amat membanggakan ini. Tidak, bukan cuma gaya tampilan, cara berpakaian, lagu2, bahkan nama group-nya saja dijiplak habis oleh penyanyi korea sana. Benar2 tidak tahu malu bangsa Korea ini, sy belum pernah melihat bangsa penjiplak seperti korea.

2. Musikalitas tinggi. Coba dengarkan salah-satu lagu mereka. Astaga, sy pikir, Chrisye atau KLA Project akan malu dengan standar tinggi aransemen, cara bernyanyi dari anak2 muda ini. Begitu energik, begitu hebat, dan begitu menawan. Inilah cermin sebuah proses bermusik yg mulia dan indah. Coba dengar suara mereka saat live, benar2 bagai suara bulu perindu. Saya bahkan malu menyanyi di kamar mandi lagi.

3. Tampilan yang hebat. Kalau kalian belum pernah melihat klip mereka, terlalu. Kalau kalian belum pernah melihat mereka beraksi di panggung, lebih terlalu lagi. Coba lihat pakaian yg mereka kenakan, pernak-pernik, aksesoris. Horor. Maksud saya, horor jika kalian tdk terpesona. Mereka lebih imut dibandingkan kucing paling imut yg diberikan pakaian pink dan pita2. Mereka kompak menari, begitu lincah berputar2 di atas panggung, persis seperti menonton tujuh atau sembilan lionel messi yg bersiap menggetarkan jala gawang lawannya. Dan jangan tanya soal ketampanan atau kecantikan. Group penyanyi ini amat tampan (kalau cowok), dan sangat, sangat cantik (cewek). Lucu-lucu, tidak kalah dengan anak SMP atau SMA, di usia mereka yg ada loh sudah lewat seperempat abad. Mereka amat fashionable, hingga pasar baru, tanah abang, FO-FO, tidak akan kalian temukan gaya berpakaian seperti ini.

4. Fans. Nah, ini dia yg lebih hebat lagi. Fans mereka jutaan, yang terdiri dari remaja2 pintar dan cerdas. Generasi muda yg terdidik, pandai bertutur kata serta sangat membanggakan, yg pandai menggunakan twitter, facebook, bahkan jago sekali merangsek website eropa, amerika yg kebetulan sama dgn nama personil group ini, keukeuh kalau mereka lbh tahu dari siapapun meskipun pemilik website bilang dalam bahasa Inggris salah alamat. Saya belum pernah menemukan kerumunan yg menjerit-jerit padahal group penyanyi ini baru nyengir. Belum pernah. Dan tanyakan kpd fans ini, kenapa mereka suka? Maka jawabannya, ‘keren gila!’ atau ‘unyu-unyu’. Astaga, di mana lagi kalian akan menemukan fans yg mencintai sesuatu begitu apa adanya, sehingga bahkan tdk perlu tahu dan mana mau tahu apa sebenarnya kelebihan dan kehebatan idolanya. Jangan tanya lbh detail kdp fans ini, mereka akan marah pd kalian, dan menuduh kalian hater yang telmi serta kuper.

5. Industri yg prima. Tdk cukup dengan menyiksa, eh maaf, menghibur kita semua dengan suara emas bertahta permata mutu manikam, mereka juga merangsek ke industri lain. Akting misalnya! Bukan main, adegan2 hebat tersaji di depan mata, benar2 seperti menonton teater broadway, dari aktor2 atau aktris2 berbakat kelas dunia. Boleh jadi, sebentar lg mereka akan menulis buku, menulis novel2, dsbgnya, yg membuat tulisan2 bagus di masanya menjadi seperti prakarya anak2 SD. Inilah masa depan musik Indonesia, di-isi begitu banyak penyanyi multi-talenta.

Pada akhirnya, sy berharap mereka akan terus eksis, menjadi simbol kebudayaan hebat Indonesia. Dan kpd fans2 setianya, selamat, kalian punya idola yg pantas dibanggakan. Kalian sungguh ihklas dan tulus telah menjadi pangsa pasar industri artifisial yang sebenarnya tidak peduli apakah penggemarnya jadi lebih baik atau lebih buruk. Apalagi fans anak2, remaja2, saya sungguh terpesona melihat anak kecil tiba2 nyanyi: “Lihat yg mulus (belok)… Kamu cowo gampangan”, menari2. Atau lirik2 cinta2an, kosong, dan lain lain yang dahsyat itu.

Saya tdk pernah habis pikir, bagaimana mungkin ada yg keberatan dgn fenomena ini. Sama tdk habis pikirnya, bahkan ada loh, fans mereka2 ini yg menganggap notes seperti yg sy tulis ini adalah sungguh sebuah pujian pd idola mereka. bukan main. sy minta maaf kalau kurang pantas dan lebay. salam unyu-unyu!

2 thoughts on “Masa Depan Dunia Musik Indonesia

  1. saya gak pernah tau kalau aini punya wordpres ini, harusnya saia sadar kita telah 4 tahun satu kelas tapi banyak hak yg gak saia tau ,,

    mau koment dikit, ini nice posting aini, trus nulis yooo …
    thanks udah berbagi sobat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s