Gallery

Fenomena Desember 2012

Meski sekarang ga waktunya lagi 12-12-12, tapi setidaknya ada cerita di balik angka itu. Keramat? Atau kiamat? Meyakini isu kiamat di bulan desember 2012 sesuai dengan berakhirnya kalender suku maya. Wah..wah.. nambah satu lagi rukun iman

Masih lekat diingatan dengan fenomena 9-9-99 jam 9 lewat 9 menit, yap.. waktu itu baru menginjakkan kaki di kelas 3 SD. Dari sekian banyak penghuni kelas, yang datang hanya beberapa orang. Sekitar seper tiga jumlah teman-teman di kelas saja yang datang. Selebihnya izin. Ada yang ga dibolehkan sekolah sama orang tua karena angka tersebut. Sepertinya sekolah hari itu memang benar-benar sepi. Seingat saya, setelah guru keluar untuk pergantian jam pelajaran, langsung saja kami yang hadir membuat lingkarang kecil. Bercerita bagaimana jika begini dan begini. Tapi, sepertinya meski dengan badan yang kecil, kepala ini tak sekecil badan kami yang ketakutan dengan angka tersebut. Yang keluar hanyalah banyolan-banyolan lucu ala anak-anak, tanpa beban, tanpa alasan untuk takut dengan angka 9-9-99 tersebut.

Terkadang berpikir, kenapa orang dewasa tak meniru “kepolosan” anak kecil? Mereka selalu saja membuat hal sepele seolah-olah rumit. Pernah liat anak kecil galau? Haha.. ga kan? Pernah liat anak kecil bunuh diri? Ga kan? Kalaupun ada itu bukan anak kecil namanya, tapi ababil (ABG labil, red) yang cuma karena ga dibelikan apa yang diinginkan terus gantung diri. Oke, kita buat standar kecil disini. Anggaplah range kacil dari usia anak nol sampai enam tahun. Kenapa cuma sampai enam tahun? Karena dunia sekarang udah ga sama dengan waktu saya kecil. Sekarang kelas 1 SD saja mainnya udah ke warnet main game online atau main PS, mainan tradisionalnya cukup orang-orang dulu saja yang tau –ngerasa udah tua—😀 . Kalau kehilangan mereka, tinggal cari di dua tempat itu dan biasanya langsung ketemu di tempat. Gadget mereka lebih update dari orang dewasa. Yang sering di tenteng BB, Ipad, Iphone –kalah jauh saya sodara-sodara—.

Kenapa orang dewasa sibuk dengan angka 12-12-12? Atau dengan angka 21-12-12, yang menurut beberapa sumber akan adanya tabrakan antara bumi dengan planet nibiru atau planet X dan saat itulah dunia akan kiamat. Tanggal 23, 24, dan 25 desember ini katanya bumi akan gelap dan suhunyapun akan turun menjadi minus derjat. Bahkan di beberapa belahan dunia, lilin susah dicari. Karena setiap rumah menyediakan stok untuk tanggal tersebut.

Hoho.. konyol. Meski katanya agak yakin dengan angka 21-12 tersebut, tetap saja tak bertaubat dari pekerjaan nyeleneh selama ini. Semoga kita diberikan keistiqomahan untuk selalu memperbaiki diri. Aamiin..

“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tak ada yang mengetahuinya melainkan Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan dan tidak sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahui, dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (lauhul mahfudz)” (QS. Al-An`am: 59)

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Rabbku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan secara tiba-tiba. ” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. ” (QS Al-A’raf: 187)

#Mengingatkan diri sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s