Injury time

Kebanyakan dari kita, terutama saya adalah termasuk golongan yang suka bekerja di akhir waktu (deadliner, red). Sangat jarang rasanya saya menyelesaikan pekerjaan di awal. Padahal, kita tau, pekerjaan yang terburu hasilnya hanya sekedar jadi, tidak memuaskan. Hanya melepas tanggung jawab, tidak menikmati proses yang ada. Lupa ini itu, merupakan salah satu tanda-tanda seseorang dikejar deadline. Tapi anehnya, pekerjaan yang dikerjakan di akhir pasti akan selesai semua, tanpa sisa🙂 Hasil dari penumpukan dan penyepelean pekerjaan terlihat dibeberapa waktu yang lalu. Pertama, saat mempersiapkan berkas untuk pendaftaran LPDP. Salah satu beasiswa full yang dibiayai oleh kementrian keuangan RI. Jauh-jauh hari sudah berniat untuk mendaftar, tapi saya lupa waktu. Ingat ya, niat saja tidak cukup. Pendaftaran online ditutup tanggal 19 November jam 23.59. Sekitar tiga minggu sebelum tanggal 19, saya mulai mempersiapkan berkas. Perlu dicatat, “mulai mempersiapkan” bukan berarti nilai toefl saya sekarang sudah mencukupi. Sudah les dengan semangat revormasi, tapi hasilnya belum memuaskan. Mempersiapkan juga bukan berarti essay saya dikerjakan. Untuk essay ini, saya hanya merangkainya di kepala, belum dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Wal hasil, tanggal 18 malam saya menyerah karena essay belum selesai. Cuma karena essay??! -_- namun, berkat semangat teman-teman yang sama-sama mau dapat beasiswa, saya kembali bangkit. Pagi hari di tanggal 19 kita mengadakan pengabdian masyarakat, hingga sampai di kampus lagi jam 13.30. Setelah ngaso bentar, kita lanjut untuk daftar di salah satu tempat kursus bahasa inggis yang terkenal dengan “jago cuap-cuap” alias fokus belajarnya ke speaking. Form pendaftaran di tempat cuap-cuap ini sebagai salah satu syarat pembiayaan training bahasa, kita lanjutkan ceritanya nanti. Awalnya reading test, kemudian listening, dan terakhir speaking sama native speaker. Untuk reading test awalnya saya agak bingung, karena soalnya agak aneh. Soal pertama kita disuruh nyusun percakapan yang di acak ke dalam 11 kolom dan diawali dengan huruf F. Karena percakapannya cuma seperti percakapan biasa, nanya kabar dan ini itu, maka dari kami berempat yang ikut tes, hanya satu orang yang jawabannya jauuuuh. Bayangkan, teman saya mengisi kolom tadi dengan jawaban F I V E O ‘ C L O C K (mungkin karena udah jam 5 sore😀 ). padahal, jika dihitung, 11 kolom berarti hurufnya hanya sampai K, tidak ada huruf O di sana. Diapun tak sadar mengisi itu di lambar jawaban😀 Tes selanjutnya cukup dimengerti, meski dengan keanehan soal yang ada. Sepanjang jalan pulang, jawabannya ini jadi bahan pembicaraan kami hingga akhirnya sampai di rumah jam 8 malam. ESSAY..??! Yaps, karena saya belum daftar online, saya meminta bantuan adik saya yang jago nulis untuk membuatkan essay tersebut. Saya hanya memberinya poin-poin yang perlu ditulis (bukan untuk ditiru ya guys😀 ). Ketika mendaftar online, ternyata jurusan yang saya tuju akreditasinya tidak sesuai dengan yang diajukan LPDP. Akhirnya saya memutuskan untuk daftar ke tempat yang lain. Tepat 30 menit sebelum pendaftaran ditutup, saya submit berkas, daaan.. jreng.. ada pemberitahuan bahwa essay pertama saya tentang Peranku Bagi Indonesia kurang dari 500 kata, essay kedua tentang Sukses Terbesar dalam Hidupku lebih dari 700 kata, DAN.. “Error. Maaf, nilai TOEFL anda di bawah minimum”, tampil di screen laptop. Tak ayal, saya langsung ketawa lepas, selepas-lepasnya. Sampai-sampai adik saya yang akan beranjak tidurpun bingung melihat tingkah saya. Kenapa saya ketawa? Pertama, berharap bisa daftar tapi persyaratan tidak mencukupi (karena teman yang daftar dengan jalur Afirmasi toefl-nya tidak dipermasalahkan [karena mereka tidak daftar online, hanya meng-upload berkas]), bekal coba-coba. Kedua, saya sadar, sekaranglah saatnya saya menyerah. 30 menit untuk merubah error di sistem (?)

tes LPDP

Pesan error ketika submit file

Pelajaran pertama: jika ingin submit bahan, lihat kelengkapannya, jika tidak sesuai dengan permintaan, jangan ngeyel Kedua, memperisapkan berkas untuk program Pre-Departure Foreign Language Training and Certification for Overseas Study yang pertama kali (setau saya) diadakan oleh kemenag (dengan situs mora-scholarship.info). Ini mereka lakukan untuk mempersiapkan dosen maupun alumni di bawah kementrian agama yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Beberapa berkas sudah siap, hanya saja rekomendasi dari dekan yang masih dalam proses. Pembuatan surat rekom dikerjakan jum’at siang. Dikarenakan selasa sudah tutup pendaftaran online, saya mengambil keputusan untuk mengirim berkas tersebut hari minggu pagi. Meski tak ada pengiriman yang akan beroperasi di hari libur tersebut. Setidaknya saya berpikir rekom tersebut hanya untuk dosen, saya-kan daftarnya sebagai alumni, bukan dosen.😛 Ketika mau ngirim peket, mas-nya nanya, mau dikirim pakai paket apa? Karena saya khawatir selasa berkas yang saya kirim belum sampai, maka saya jawab yang sehari sampai. And you what pemirsa? Biayanya 200 ribuan, total setelah diskon 125 ribu (diskon karena katanya mereka lagi ulang tahun, pengiriman diskon sampai akhir desember). Hihi..dompet ga bawa, cuma ada uang seadanya (padahal isi dompetpun gambarnya Kapiten Pattimura sama Tuanku Imam Bonjol, LOL). Jadinya pakai paket biasa, Alhamdulillah selasa siang udah sampai paketnya ke alamat tujuan Pelajaran kedua: ada pengambilan keputusan yang perlu dipertimbangkan dengan sangat, sehingga membutuhkan waktu yang lama. Namun, ada keputusan yang harus segera diambil, bedakanlah..!! Situs http://www.mora-scholarship.info sebagai alamat program training bahasa ini tiba-tiba dibanjiri pendaftar dijam-jam terakhir pendaftaran. Yang biasanya cuma puluhan viewer perhari, saat itu meningkat menjadi 700-an viewer. Satu hari sebelumnya pendaftar hanya 200-an orang (sesuai target MORA, pembiayaan hanya untuk 200 orang. Sempat PD😀 ), tapi jumlah akhir pendaftar adalah 976, membludak. Menunggu pengumuman tanggal 30 November ini. Semoga ada rezeki saya di sini. Aamiin..

Mora Scholarship

Mora Scholarship

NB: situsnya sekarang menjadi http://scholarship.kemenag.go.id/

Ketiga, laporan pengambadian masyarakat. Alhamdulillah udah selesai, tadi😀

14 thoughts on “Injury time

  1. hmm.. ketularan kk kali ya ai? maaf ya.. mungkin secara ga langsung kk yg mengajari contoh yg tidak baik ini. LALAI.. pengalaman yg sama jg dulu :
    1. pas mw ngurus beasiswa LPDP.. ga sering2 apdet, akhirnya simpang siur.. dan dh lewat 1 semester baru mau daftar, LOL *nepok jidat
    oya, berkas lpdp apa yg aini ga lengkap?
    2. Dulu pas mw ngurus beasiswa diktis tahun 2012 kk lama ngurus surat2nya, tp perlu dicatat ini murni kelamaan di bagian administrasinya. akhirnya pas sehari sebelum tgl deadline kk aplot berkas2 yg kurang tp website nya udh overload.. ga bisa attach lagi. tau nya dari file yg sudh terattach sebelumnya, bisa di klik dan download lagi. nah, berkas yg kurang ini ga muncul lagi di layar seperti berkas sebelumnya. kesimpulan kk waktu itu, bisa jadi sistem nya yg memang down karena diperkirakan banyak oranglain yg juga login dan aplot di 2 hari terakhir tersebut.. waktu itu memang kk belum kuliah seperti teman2 lain yg juga mendaftar beasiswanya. tp di surat edarannya masih masuk kategori yg akan kuliah.. hasilnya? ga rezeki jg..

    -mahal bgt ya ongkir sehari sampai nya.. pake pos express yg juga sehari sampai kk ga pernah nyampe 50rb, JNE jg gitu..
    -oya, aini masukkan mora pake jalur alumni berarti ya?
    -keterangan pre test di lembaga kursus nya pake toefl jenis apa tu ai? IBt atw?

    borong komen nya euy.. dh lama ga bertandang ke rumah tetangga, theme yg ini lebih OK 🙂

    • mungkin kak, maka ny sekarang aini malas dekat2 sama kk :* oy, semenjak liburan sekolah, bangun pagi aini sering masuk angin kak (LOL)
      poin 1 sama persis, kirain waktu ny masih banyak, ternyata..
      poin 2 ga ngurus karena tau pengalaman kk (tau syarat d ending ny)

      -iy kak, padahal udah didiskon masih tetap mahal. klo pake pos aini punya pengalaman buruk kak, jera😀
      -yup, kita kan alumni kak *ting..ting..
      -ga ada kak, cuma bukti daftar aja. dari lembaga ny cuma bilang kita ada d level berapa

      theme ny masih mau diperbaiki kak, tapi belum sempat😀

    • sukses usaha ny buk, hasil ny ndak😀 wak cubo liak, cubo LPDP yang kuartal patamo taun ko yok buk. kan alumni pare😉
      yg d tag d FB y? yg d masjid Cheng Hoo? *angek2an liak😀
      ibuk makin keren ajo nampak ny, bakat seni yg “ga jelas” & “nekat” ny ngeriii (Y)

  2. hahai.. karena males2 dekat kk tu ai makanya jadi ketularan.. buktinya waktu deket2 kan enggak😛,
    kk malah sekarang jd ketularan kulit badak ai, di melayu ni kipas tinggi kecepatan maximum stand by beroperasi 24 jam sehari.. weleh weleh

    maksud kk poin 2, klw mau ngurus di administrasi UIN, kudu jauh jauh haree.. itu kk udah jauh2 hari aja masi ga bisa daftar😦

    colek tresna dong, alumni apa masi di pare, tres? adek kk yg cowok rencana mau ksna jg, kmren dia masi nanya nanya info

    • hihi.. iyee pulak e, asal bukan org ny yg macam badak dah lah😀
      yg kk urus d depan kmren apa emang ny kak? #mendadak lupa
      utk persiapan apa bg arif ny kak? ga mau balik k sini y?😀

  3. eh, sorry tadi gak baca komen kk dian smpe hbis. udah balek kk. april kmren disana. iya, kalo bisa disana jangan nanggung2 kak. tresna kmren cuma sebulan berasa kurang lama.😀

  4. dulu ngurus surat rekom untuk beasiswa diktis 2012,
    untuk perbaiki bahasa inggris ai, hehe.. sambil nunggu ijazahnya yg blom kelar2 soalnya UPN lagi transisi ke negri jadi semua administrasi berubah dan lama nunggu nya..
    oh iya, sama tres.. adek kk jg baru daftar sebulan.. nantilah klw masi kosong suruh dilanjut aja🙂

  5. nura says:

    Lulusan s1 PTAI 2013 bisa daftar short cousenya kemenag nggak?? Walaupun sekarang profesi ane guru di pesantren,. Thanks so much

    • sepertinya bisa mbak. daftar yang dari alumni aja, teman saya kemarin lulus dari jalur alumni, pekerjaannya sekarang dosen kontrak. semoga berhasil mbak🙂

Leave a Reply

