Trip to Kelud Mt. -/+ 3.000 Mdpl

 

kampung inggris pare

Tak sampai 24 jam setelah menginjakkan kaki ke Kediri, mata ini sudah merasakan indahnya panorama Gunung Kelud. Salah satu gunung yang ada di Kabupaten Kediri. Gunung yang memisahkan antara Kediri dan Blitar. Dalam perjalanan menuju ke sana, guide kami (sebut saja begitu), teman sekelas yang asli Kediri, menceritakan asal usul adanya gunung ini.

wisata kediri

Alkisah, dulunya ada seorang buruk rupa bernama Lembu Suro, berkepala lembu dan berbadan manusia. Lembu berarti sapi, sedangkan suro memiki arti yang memiliki kekuatan. Ia terpesona dengan kecantikan Kili Suci yang merupakan putri dari Raja Kediri. Karena kecintaannya kepada Kili Suci, ia menyatakan niat untuk melamar Sang Putri. Kemudian Sang Putripun memberikan sebuah syarat kepada Lembu Suro, yakni membuat sebuah sumur yang cukup dalam. Setelah seharian penuh bekerja membuatkan sumur dan berhasil menyelesaikannya, waktunyapun tiba. Namun, Kili Suci Sang Putri nan cantik rupawan yang sedari awal tidak menginginkan Lembu Suro, melakukan penghianatan atas janji yang telah ia berikan. Sama halnya seperti kisah Dayang Sumbi yang tidak ingin menikahi anaknya-Sangkuriang. Kili Suci menyuruh beberapa orang untuk menimbun kembali sumur yang telah dibuat oleh Lembu Suro.

Lembu Suro

Lembu Suro

Merasa dicurangi, Lembu Suro pun marah. Dengan kekuatannya, ia membuat sebuah gunung berapi yang memisahkan Kediri dan Blitar. Kenapa dua daerah ini yang dipisahkan? Karena, dia mengatakan yang membantu penimbunan sumur itu adalah warga dari kedua tempat tersebut. Dengan murkanya, dia mengatakan bahwa, “Selama dunia masih ada, masyarakat Kediri dan Blitar tak akan pernah aman. Mereka akan dipisahkan oleh gunung yang setiap saat bisa meletus” (kira-kira redaksinya begitu). Karenanya, gunung yang menjadi icon Kediri ini akan meletus setiap 25 tahun sekali.

tumbuhan gersang akibat erupsi

Apapun yang dilewati oleh tumpahan lava akan hancur dan mati. Sebelum erupsi 13 Februari 2014 yang lalu, gunung ini memiliki anak gunung ditengah kawahnya, yang terjadi akibat letusan sebelumnya. Namun, setelah itu si anak tak terlihat lagi. Ia luruh bersama lava yang mengalir. Dulu juga ada terowongan yang difungsikan sebagai jalan untuk tumpahan lava agar arahnya tidak kearah pemukiman warga, namun kini tertutup akibat letusan tersebut. Tak hanya terowongan, jembatan juga ikut hancur terkena lelehan cairan panas itu. Kini, yang terlihat hanya tulisan-tulisan “Daerah berbahaya” dan beberapa tanda dilarang melintas atau alat berat yang tak berpenghuni. Yaps, sepertinya sekarang sedang dilakukan renovasi.

kelud kediri

Satu lagi, ada sebuah jalan yang ketika kita ingin melihat Gunung Kelud, kita akan melewatinya. The name is Jalan Misteri. Kenapa disebut Jalan Misteri? Hal ini dikarenakan pada jalanan rata (tidak ada kemiringan) yang diberi garis putih horizontal yang membentang dari kiri ke kanan jalan dengan panjang sekitar 100 meter seperti memiliki magnet. Ketika mesin kendaraan dimatikan, kendaraan tersebut dapat berjalan sendiri ke satu arah. Ga percaya? Coba aja sendiri😀

MSI Undip 2015

Oya, tentang ketinggian gunung ini, sebenarnya kita mikir sambil ngarang. Biar keliahatan udah ndaki. Padahal pendakiannya aspal😀 Dan, 3.000 Mdpl -/+ nya itu kebanyakan kurang daripada lebih. Ketinggian aslinya adalah 1731 Mdpl. Ketika Anda merasa tertipu, saya tidak😀

Lihatlah keluar, ciptaan Tuhan itu begitu sempurna..

wisata kelud

2 thoughts on “Trip to Kelud Mt. -/+ 3.000 Mdpl

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s